Senin, 23 April 2012

Masa Perpeloncoan


Sebagaima kebiasaan yang ada di Unpad Bandung pada masa itu , tiap2 fakultas mengadakan masa perpeloncoan mahasiswa baru  yang dilaksanakan oleh senat mahasiswa masing2 fakultas . Saya sebagai orang seberang yang belum tahu apa2 mengenai perpeloncoan dan kebiasaan daerah ini  ,  mengikuti saja perintah para senior,dengan harapan tidak  dipersulit mengikuti acara2 yang ada .Tapi sungguh mati,aku sebagai orang Padang , pantang untuk diperintah oleh wanita .Tapi disini demi bisa kuliah dan  tidak dipersulit ,aku membuang pantangan itu. Aku dibentak-bentak , disuruh merangkak , push up untuk meminta tanda tangan senior itu. Senior aku wanita 2 mojang Priangan yang cantik2 itu , malah meledek ledek ,mentertawakan aku . Juga suka mensepelekan aku . Aku dikasi nama "bagus" oleh dia dengan nama "Kingkong Dekil". Aku ingat yang kasi nama ini seniorku wanita cantik yang telah duduk ditingkat tiga .Apakah karena badanku besar maka aku dinamakan Kingkong aku tidak tahu .Papan namaku  itu harus kupakai terus  selama acara .Satu kali karena aku sudah capek , aku berdiri dengan bertolak pinggang dalam suatu barisan yang sedang diistirahatkan . He kata salah seorang senior priaku "Tolak cangkeng kau mau jadi jagoan ya?". Aku  ketakutan segera menurunkan tanganku dari pinggangku. Masa perpeloncoan cukup lama selama 15 hari .Tiap pagi sudah harus apel , menjelang jam 9 malam baru boleh pulang .Pada waktu itu situasi perpolitikan nasional juga sedang memanas . Tiap2 partai berusaha mencari dan menggaet masa sebanyak mungkin .Karena itu arena kampus suasananya juga bergelora  .Saling berebut mencari pengaruh . Mahasiswa pun diperebutkan oleh organisasi mahasiswa yang ada .Seperti HMI  yang beraffiliasi dengan Partai Islam. GMNI yang merupakan sayap organisasi PNI , serta GMKI yang merupakan  onderbow Partai Katholik . Sedang CGMI. merupakan organisasi mahasiswa dari Partai Komunis . Aku didekati oleh berbagai macam organisasi. Baik HMI maupun CGMI dan juga GMNI .Kebetulan karena yang  mendekatiku itu orang Padang dari GMNI , maka  jadilah aku anggota GMNI komasariat Fakultas hukum Unpad . Aku ingat pula assiten dosen perdataku waktu itu adalah pak Bagir Manan, yang kemudian menjadi Ketua Mahkamah Agung .Sedangkan dekanku pak Usep Ranawidjaya seorang tokoh PNI dari  Jawa Barat .





Tidak ada komentar:

Posting Komentar