Selasa, 19 Juni 2012

Perang Dunia Kedua: Akhir


Pada tanggal 6 Juni 1944 (D-Day) mendarat kekuatan invasi yang besar di pantai Normandia. Pasukan Sekutu dari Amerika, Kanada dan Inggris menaklukkan pantai Normandia.
Pertempuran dengan Jerman sangat sulit. Perlahan-lahan mereka menembus Jerman kembali dan setelah 3 bulan, Paris dibebaskan.

Dua front

Setelah pertempuran Stalingrad (1942-1943) Tentara Merah meraih satu kemenangan demi satu. Hitler sekarang terpaksa berjuang 2 front, baik di barat dan timur oleh tentara Jerman diserang. Selain itu, Jerman kota siang dan malam oleh pesawat sekutu dibom.

Menyerah

Pada bulan Januari 1945, tentara Rusia tiba dari timur, perbatasan Jerman pada bulan Maret dan menyerang Amerika dari barat, dalam Jerman. Pada April 30, 1945 bunuh diri Hitler berkomitmen di Berlin pada tanggal 8 Mei, Jerman menyerah. Setelah penyerahan Jerman Sekutu masih harus berurusan dengan Jepang.

Atom bom

Orang Jepang masih berjuang keras melawan pasukan AS. Untuk segera mengakhiri perang kepada Amerika menempatkan senjata terbaru mereka. Pada tanggal 6 dan 9 bom atom dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki. Jepang menyerah. Perang Dunia II usai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar