Senin, 12 November 2012

Ketum NasDem: Surya Paloh Tak Bisa Sembarangan Ambil Alih NasDem

Elvan Dany Sutrisno - detikNews

Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Patrice Rio Capella memang pasrah kalau Surya Paloh melengserkan posisinya. Namun dia yakin Surya Paloh tak akan menggunakan gaya koboi untuk mengambil posisi Ketua Umum Partai NasDem.

"Soal merombak ketua umum dan sebagainya itu ada soal AD/ART. Jadi bukan persoalan apakah Surya Paloh direstui Harry Tanoe atau tidak, ini soal AD/ART. Jadi semua harus mengikuti AD/ART," kata Rio kepada detikcom, Senin (12/11/2012).

Dia paham sekali kongres Partai NasDem tak bisa dihindari. Itu artinya ada kemungkinan dia dan seluruh kader muda di NasDem bisa tergusur. Dia hanya berharap kalangan tua di NasDem menghormati AD/ART partai.

"Tapi pengubahan itu nggak bisa juga bergaya koboi. Karena kita juga sudah bekerja keras. Kita ini partai bukan beli di mal atau beli di pasar," keluhnya.

Rio yakin sekali di kongres perdana Partai NasDem pasca pengumuman verifikasi parpol nanti akan diambil jalan terbaik menyangkut kepengurusan Partai NasDem. "Jadi nggak bisa sembarangan, kongres ya pasti dihormati, masak mau bergaya koboi. Kita ini partai yang mengedepankan perubahan, tapi untuk perubahan harus hormat kepada AD/ART," lanjutnya.

Dia lantas menegaskan tak dikontrak oleh Surya Paloh hanya untuk mendirikan NasDem. "Nggak ada kontrak seperti itu. Saya maklum senior saya mantan KSAL itu baru masuk ormas dan baru memimpin Jawa Timur. Dia tidak mengerti bagaimana partai ini dibangun. Jadi wajar dia ngomong seperti itu," jelas Rio.

Orang yang dipercaya Surya Paloh memimpin NasDem se-Jawa Timur, Laksamana (Purn) Tedjo Edhy Purdjianto, memang mengungkapkan rencana Surya Paloh mengambil alih posisi Ketua Umum Partai NasDem. Tedjo juga mengungkap bahwa Ketua Umum Partai NasDem Rio Capella dan Sekjen Partai NasDem Ahmad Rofiq hanya bertugas membentuk Partai NasDem dan mengantarkan NasDem lolos verifikasi parpol.

Rencananya, seperti dijelaskan Tedjo sebelumnya, Surya Paloh akan mengambil alih posisi ketua umum Partai NasDem dalam Kongres yang akan digelar setelah verifikasi parpol di KPU selesai.

"Jadi dia ditugaskan oleh Pak Surya Paloh diberikan mandat untuk membentuk partai. Jadi setelah konvensi atau kongres nanti Pak Surya Paloh akan memimpin. Ya justru mendekati Pemilu itu, NasDem harus dipegang orang yang berpengaruh agar popularitas naik dengan cepat," kata Tedjo sebelumnya.

(van/asy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar